Unpad Terima Mahasiswa Baru Tahun 2023 Sebanyak 6.725 Lewat SNMPTN dan SBMPTN

Universitas ternama, Universitas Padjadjaran (Unpad) akan menerima 6.725 mahasiswa baru (SNMPTN 2.292 dan SBMPTN 4.433 orang) di tahun 2023 ini .

"Untuk tahun ini, persentase alokasi daya tampung kedua jalur sebesar 30 persen untuk SNMPTN dan 70 persen untuk SBMPTN," kata Rektor Unpad Prof Tri Hanggono Achmad dalam siaran pers, Jumat, 9 Februari 2023.

Baca juga:
Jenis-jenis Soal TPA SBMPTN 2023 Beserta Soalnya

Dia mengatakan, untuk program Sarjana Terapan dan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU), proses penerimaan dilakukan melalui jalur ujian tulis atau SBMPTN.

Dia juga mengatakan, ada 51 program studi dibuka untuk pendaftaran SNMPTN. sedangkan untuk jalur SBMPTN dibuka pendaftaran untuk 59 program studi .

Ada delapan program studi tambahan di SBMPTN, merupakan program studi Sarjana Terapan/Diploma IV serta dua program studi baru yang akan dibuka tahun ini, yaitu Bisnis Digital dan Aktuaria.

Lain dengan tahun lalu, saat itu Unpad masih membuka jalur seleksi mandiri untuk program Sarjana Terapan dan PSDKU, tahun ini tidak dibuka lagi seleksi mandiri untuk dua program tersebut. Seleksi seluruhnya dilakukan melalui jalur SBMPTN.

Adapun untuk mekanisme proses pendaftaran program studi PSDKU Pangandaran dan Garut, peserta langsung mendaftar ke program studi sarjana regulernya.

Contohnya, jika peserta ingin memilih mendaftar di program studi Peternakan di PSDKU Pangandaran, maka peserta tinggal memilih program studi Peternakan Unpad. Kemudian akan keluar opsi pendaftaran untuk Peternakan reguler atau Peternakan PSDKU

"Begitu pula dengan Keperawatan, di mana prodinya dibuka di Jatinangor, Pangandaran, dan Garut. Nanti ada tiga (opsi) pendaftaran," kata Rektor Unpad tentang penerimaan mahasiswa jalur SNMPTN dan SBMPTN.