Ketahui Cara Belajar Yang Benar Menjelang Hari Ujian SBMPTN 2023

Cara Belajar Yang Benar (2)
Ilustrasi, Belajar yang salah bikin setres
Menjelang ujian SBMPTN 2023 yang tidak akan lama lagi, berbagai persiapan telah kamu sediakan agar kamu bisa lulus atau diterima di kampus negeri favorit pilihan kamu. Selain itu kamu juga pasti sudah mempelajari soal-soal prediksi dan soal-soal latihan SBMPTN sesuai dengan jurusan kalian masing-masing.

Bagi banyak orang mempersiapkan diri menjelang SBMPTN bisa dilakukan dengan mengikuti les atau bimbingan diluar atau juga bisa di dalam rumah atau yang sering disebut dengan privat les, yang intinya adalah belajar tambahan.

Apapun cara yang anda tempuh untuk bisa lulus dan diterima di kampus negeri pilihan kamu semua akan memberikan hasil yang terbaik bila kamu melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Lalu bagaimana cara belajar yang benar menurut para ahli atau orang sukses yang sudah berpengalaman dan diterima diberbagai kampus terkenal bahkan sekarang sudah menjadi orang berhasil dan bekerja dengan posisi jabatan yang tinggi. Berikut ini akan dituliskan cara belajar yang benar menjelang ujian SBMPTN 2023 seperti dikutip dari buku paket soal DETIK-DETIK FOKUS SBMPTN SOSHUM karangan Tim Zero Eduka penerbit Cmedia.

Baca juga: Jenis Soal Tes TPA SBMPTN dan Jawabannya

1. Pakai Kata Kunci (Keyword)
Ini adalah cara termudah belajar dan terbukti efektif, anda cukup menulis kata-kata kunci yang sudah anda rangkum sebelumnya. Jadi dengan menulis ulang kata-kata kuncinya maka setidaknya anda akan mengingat apa saja kata atau prasa yang penting untuk di ingat dan dipahami. Belajar bukan untuk menghapal namun setelah anda memahami pelajaran tersebut sudah barang tentu anda akan mengingat dengan sendirinya, ia bukan?

2. Mood Harus Good
Disaat anda mulai belajar pastikan suasana dan tempat belajar anda benar-benar cukup nyaman, baik itu suhu, udara dan juga kebersihannya. Tempat yang bersih, sejuk dan rapi akan menciptakan mood yang bagus, sehingga anda akan lebih mudah untuk memulai belajarnya.

Alternatif lain adalah dengan mengubah suasana atau tempat belajar, anda bisa mencoba belajar di luar kamar atau ruangan. Bisa mencoba di taman atau di alam terbuka. Sehingga perasaan bosan yang selama ini anda alami tidak lagi anda temukan sehingga belajarnya jadi maksimal, tanpa anda merasa sedikitpun bosan atau jenuh. Jangan lupa sediakan cemilan atau jajanan dan mungkin bisa menambah kopi atau teh agar suasan belajar menjadi lebuh hangat, penuh semangat dan konsentrasi.

Cara Belajar Yang Benar Menjelang Hari Ujian SBMPTN
Ilustrasi, belajar di alam terbuka

3. Serius Tapi Santai
Istilah ini sudah lama kita dengar, banyak yang melakukannya bahkan sampai hari ini menjadi salah satu jargor belajar di sekolah atau kampus. Dengan belajar penuh konsentrasi atau serius anda akan memperoleh hasil yang maksimal namun jangan terlalu tegang, coba untuk tetap rileks atau santai agar anda pun tidak cepat capek dan merasa bosan.

Baca juga: Jenis IQ Manusia Berdasarkan Pekerjaan, Status dan Umur

Layaknya manusia pasti memiliki keterbatasan dan kekurangan. Keterbatasan dalam menampung pelajaran dan kekerangan dalam menahan lelah kalau belajarnya terlalu diporsir sampai berjam-jam lamanya. Sebaiknya beri jeda sebentar sampil menunggu otak kembali rileks dan bisa memilai belajar kembali. Kalau memaksa pelajaran, tahukah kamu dampaknya justru dapat memperburuk keadaan namun jangan pula anda menjadi bersantai-santai tanpa mau mengulang pelajarannya kembali, istirahan bukan berarti kebablasan