Jadwal Ujian/tes dan Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2018


Jadwal Ujian/tes dan Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2018Info SBMPTN : Tahun ini pemerintah kembali akan menggelar seleksi masuk perguruan tinggi negeri melalui seleksi bersama masuk perguruan tinggi atau SBMPTN. Tes ini diangap merupakan tes yang paling tepat dan sangat akurat dalam mengetahui kemampuan dan kompetensi seorang calon mahasiswa baru.

Baca juga: 7 Tips Memilih Jurusan Kuliah Terbaik

Ratusan ribu calon mahasiswa dari berbagai penjuru di tanah air akan bersaing dalam merebut satu kursi di perguruan tinggi negeri (PTN) dan hanya 17,5 persennya saja (menurut data kompas tahun 2015) yang boleh menjadi mahasiswa/wi di PTN. Hal ini dikarenakan keterbatasan daya tampung/kursi yang disediakan pemerintah di ptn-ptn di Indonesia.


Bila mengintip sisi positip berkuliah di PTN memang bukan suatu rahasia umum kalau kuliah di PTN memberikan banyak kelebihan dari kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS). Banyak yang memiih kuliah di PTN karena faktor biaya, beasiswa, dan juga kejelasan akreditas yang dimiliki oleh kampus-kampus negeri dibanding dengan kampus swasta, meskipun tidak sedikit kampus swasta di Indonesia yang prestasinya tidak kalah dengan kampus negeri di Indonesia bahkan mendapatkan rangking 100 besar kampus-kampus di Asia.

Jadwal Ujian   
Seperti yang kami kutip langsung dari website/laman resmi sbmptn.ac.id dituliskan bahwa adapun jadwal ujian SBMPTN tahun 2018 terbagi dua yaitu ujian tertulis meliputi Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT) dan kemudian dihari kedua ujian keterampilan (khusus untuk jurusan keterampilan, seni dan olah raga).

1. Ujian Tertulis (PBT dan CBT) :    
PBT dan CBT dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 16 Mei 2018   
2. Ujian Keterampilan :    
Ujian Keterampilan dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Kamis, tanggal 17 dan/atau 18 Mei 2018
Pengumuman Hasil Seleksi
Setelah pelaksanaan ujian tulis maupun keterampilan selesai, maka sekitar satu bula kemudian hasil ujian tersebut diumumkan. Pengumuman hasil seleksi diumumkan pada tanggal 13 Juni 2018 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman sbmptn.ac.id.

Demikian artikel kami hari ini mengenai Jadwal Hasil dan Pengumuman Hasil Seleksi SMPTN 2018 semoga bermanfaat.