7 Tips Cara Memilih Jurusan/Prodi Kuliah PTN/PTS, Jangan Sampai Salah Pilih

7 Tips Cara Memilih Jurusan/Prodi Kuliah (PTN/PTS)Sebentar lagi Ujian Nasional (UN) akan dilaksanakan, jutaan siswa/siswi kelas 12 dari seluruh penjuru negri ini akan mempertaruhkan kerja keras mereka selama kurang lebih tiga tahun di sekolah masing-masing. 

Setelah UN berakhir maka giliran ujian SBMPTN yang akan menghadang para calon mahasiswa, jika mereka lulus maka mereka resmi menjadi Mahasiswa Baru (Maba) di kampus PTN pilihan mereka, namun jika tidak lulus ratusan kampus swasta (PTS) yang berkualitas di negeri ini juga siap untuk menerima calon mahasiswa terbaik.

Sebelum kuliah Anda pasti akan memilih salah satu bahkan lebih universitas impian Anda. Tahap berikutnya memilih program studi atau jurusan kampus.

Baca juga: 14 Contoh Soal "Aritmatika" TPA SBMPTN 2018

Namun sebelum memilih jurusan atau program studi (prodi), sebaiknya Anda boleh memperhatikan beberapa aspek dalam memilih jurusan/prodi berikut ini.

Karna ilmu yang Anda dapat selama kuliah merupakan pegangan untuk menuntaskan studi dalam waktu yang sudah diberikan. Jangan sampai terjadi kesalahan yang pada akhirnya membuat Anda merasa tidak betah kuliah di kampus yang Anda pilih sendiri. Oleh sebab itu, Anda perlu untuk memperhatikan tips memilih jurusan/prodi kampus (PTN/PTS) sebelum Anda salah melangkah (salah jurusan).

1. Pilih Jurusan Yang Membuat Anda Tertantang
Karena jurusan yang akan Anda pilih murni dari kemauan sendiri maka pastikan jurusan tersebut membuat Anda merasa tertantang untuk terus menambah ilmu dan wawasan terhadap jurusan tersebut.

2. Pilih jurusan yang membuat Anda penasaran
Rasa penasan dengan tertantang memiliki persamaan, sama-sama membuat Anda semangat untuk terus menggali ilmu dan menambah wawasan. Anda akan terus merasa haus akan ilmu yang sudah Anda dapatkan.

Baca juga: Simak Baik-baik, Persyaratan Pendaftaran Penerimaan SBMPTN 2018

3. Pilih jurusan yang tanpa disuruh pun Anda curi-curi waktu untuk belajar.
Banyak mahasiswa yang merasa jenuh dalam mempelajari modul atau buku teks yang sudah ada. Salah satu faktor penyebabnya adalah salah memilih jurusan karna jurusan yang dipilih mungkin karna dorongan orang tua, ikut-ikut teman atau alasan lain yang kami rasa kurang rasional.

Namun pilihlah jurusan yang membuat Anda terus bersemangat mempelajarinya. Anda merasa perlu terus menggali informasi yang berhubungan dengan jurusan yang Anda pilih dari berbagai sumber literatur bahkan tanpa disadari Anda sering mencari ilmunya melalui internet dengan bantuan Google.

4. Jangan Memilih Jurusan Karna Disuruh Orang Tua
Hari gini semua harus orang tua. Sudah saatnya Anda yang menentukan masa depan. Caranya, yakinkan orang tua kalau Anda mampu untuk memilih jurusan yang terbaik untuk masa depan Anda agar mereka tidak khawatir bahkan ragu dengan pilihan yang Anda buat.

5. Jangan Memilih Jurusan Hanya Karena Alasan Finansial atau Prospek Kerja
Memang memikirkan prospek kerja dari jurusan yang kita pilih itu perlu namun kalau Anda hanya sibuk dengan pertanyaan "nanti kerjanya ngapain aja ya, trus ada gak lowongan kerjanya" dan pertanyaan lainnya sebaiknya berhenti untuk pertanyaan seperti itu. 

Karna apapun jurusan yang baik menurut Anda kalau dikembangkan secara maksimal maka bukan tidak mungkin akan membuat Anda menjadi orang yang berhasil.

6. Jangan memilih Jurusan Karna Pelajarannya Anda "sukai"
Kalau dalam memilih jurusan Anda hanya mempertimbangkan berdasarkan pelajaran yang Anda sukai maka itu murupakan pandangan yang kurang tepat.

Bisa saja ada lebih dari satu pelajaran yang Anda sukai dalam waktu yang bersamaan,  misalnya kebetulan hari ini guru biologi masuk, karna guru tersebut sangat bangus menerangkan materi pelajarannya lalu Anda tertarik dengan topik pelajaran yang dibawakan dan Anda kepingin memilih jurusan biologi.

Baca juga: Cara Belajar Yang Benar Menjelang Hari H SBMPTN 2018

Kemudian ada tugas fisika yang bisa Anda jawab dengan benar tanpa ada salah satu soal pun dan nilai Anda yang tertinggi dari teman-teman lain di kelas, lalu Anda merubah pilihan ke fisika.

Sebaiknya mantapkan pilihan Anda berdasarkan pelajaran apa yang benar-benar membuat Anda merasa senang untuk mempelajarinya, ketagihan untuk menggali ilmu tentang pelajaran tersebut bahkan tidak ada kata bosan untuk membahasnya jadi tidak sekedar suka saja.

7. Pilih Jurusan Yang Akan Anda Bawa Sampai Tua
Tidak berlebihan kalau kami pakai bahasa di atas, karna kenyataannya memang seperti itu, kita amibil contoh dokter (yang lain juga berlaku).

Seorang dokter yang mencintai jurusannya (profesinya) akan terus menjadi dokter terbaik dan bermanfaat di tengah-tengah masyarakat dalam membantu orang yang membutuhkan pertolongannya sampai masa kerjanya berakhir.

Kesimpulan
Jadi sebelum kuliah di universitas yang Anda impikan sebaiknya pilihlah jurusan/program studi yang membuat Anda merasa tertantang, penasaran, bukan karna dorongan orang tua, tidak sekedar melihat prospek kerjanya, dan membuat Anda nyaman untuk mempelajarinya sampai akhir hanyat (tua).
Anda sudah membaca artikel singkat mengenai 7 tips/cara memilih jurusan/prodi universitas (ptn/pts) semoga artikel ini bermanfaat untuk banyak orang termaksut Anda.

Jika berkenan Anda boleh share atau berbagi artikel ini kepada teman-teman Anda yang lain, terimakasih.